Senin, 22 September 2008

Info Seputar Jackie Chan ( Bagian 1 )


Siapa yang tidak kenal Jackie Chan ? Sang Aktor laga serba bisa ini sudah banyak tampil di film2 bela diri. Bagaimana tidak, selain mahir bela diri, Chan mampu mengkombinasikan antara aksi humor dan aksi nekat berbahaya plus akrobatik yang dilakoninya sendiri. Belakangan, ciri khas ini menjadi ikon sekaligus imagenya yang mampu mengantarnya hingga menembus Hollywood. Bahkan, Jackie Chan telah tercatat dalam Guinnes Book World of Record sebagai aktor yang paling banyak melakukan aksi berbahaya tanpa peran pengganti. Yang jelas, karena aksi nekatnya di setiap filmnya tidak ada satupun perusahaan asuransi jiwa yang mau menandatangani kontrak dengan film-film Chan. Disamping terkenal sebagai aktor laga, Chan juga mampu berolah vokal. Dari tahun 1984 sampai sekarang kurang lebih ada 10 album Chan. Jumlah ini tidak termasuk album kompilasinya.

Jackie Chan mungkin merupakan aktor paling potensial setelah era Bruce Lee sejak gaya aktingnya yang orisinil. Seperti ditulis dalam biografinya Chan menyatakan gaya aktingnya yang seperti saat ini sebetulnya juga reaksi karena banyaknya orang-orang yang mengeksploitasi gaya Bruce Lee baik sebagian atau seluruhnya. Jika Bruce Lee tampil sebagai model karakter pahlawan pembela kebenaran yang selalu tampil gagah dan kharismatik, maka Chan tampil dengan karakter yang apa adanya. Konyol, terlihat bodoh, tipikal orang biasa yang mudah dipengaruhi dan kadang-kadang menggelikan.

Ia lahir di Victoria Peak, Hong kong pada 7 April 1954. Ia diberi nama Chang Kong Sang (陳港生), yang artinya lahir di Hong Kong. Ia dijuluki Pao Pao (Hanzi: 炮炮, yang secara literal berarti "Bola Meriam") karena dia selalu berguling-guling ketika masih bayi. Orangtuanya bernama Charles dan Lee-Lee Chan. Chan disekolahkan ke Chinese Drama Academy. Chan bersekolah di Nah-Hwa Primary School di daratan Hong Kong, namun sayangnya dia tidak lulus sehingga orang tuanya mengeluarkannya dari sekolah. Saat berumur sekitar 6 tahun, ayahnya bermigrasi ke Canberra, Australia , dan Chan disekolahkan ke Chinese Drama Academy. Disitulah dia memperhatikan pelajaran dengan sangat teliti, termasuk latihan seni bela diri dan akrobatik. Bahkan, Chan kecil pernah mengikuti Seven Little Fortunes, yang merupakan kumpulan murid terbaik. Disitu dia berteman dengan Sammo Hung dan Yuen Biao, belakangan ketiganya dikenal dengan sebutan Tiga Naga (Three Dragons).

Saat berumur 8 tahun, Chan bersama Seven Little Fortunes tampil dalam beberapa film, salah satunya Big and Little Wong Tin Bar (1962). Tahun 1971 Chan sudah menginjak usia dewasa, Chan mulai menampilkan karir-karirnya di sebuah studio film bernama Chu Mu's Great Earth Film. Ketika berusia 17 tahun, Chan menjadi peran pengganti dalam film-film Bruce Lee bernama Fist Of Fury dan Enter The Dragon. Ia baru menjadi peran utamanya di film bejudul Little Tiger Of Canton (1973).


Jackie Chan saat di film Fist Of Fury

Karena menemui beberapa kali kegagalan dalam petualangan di industri perfilman dalam awal-awal kariernya dan kesulitan mendapatkan peran pengganti, dia akhirnya turut beremigrasi ke Canberra, Australia di tahun 1976. Ia berkerja sebagai pekerja bangunan. Teman kerjanya yang bernama Jack turut membantunya dan juga menjadi pengawasnya. Chan pun dikenal dengan nama “Little Jack”, hari demi hari nama itu berubah menjadi Jackie. Akhirnya, nama Chan lebih dikenal dengan Jackie Chan atau 成龍 (tradisional) atau 成龙 (sederhana).

Bersambung ~~~~~

Diolah dari beberapa sumber

Tidak ada komentar: